Selamat dtg

WELCOME TO MY BLOG "THEONALLE.BLOGSPOT.CO.ID"

Senin, 23 Agustus 2010

CARA MEMBUAT WEB DAN BLOG

Jika anda ingin membuat sebuah website
maka anda harus mengetahui tiga (3) pertanyaan penting, yaitu:

       1. apa tujuan anda membuat website?
       2. Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut?
       3. Bagaimana cara membuat website tersebut? 

Jika anda telah menjawab pertanyaan diatas maka langkah berikutnya yaitu anda harus mengetahui  apa itu domain, hosting dan software website

1.Domain
            Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.
Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.
             Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

2. Hosting
             Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting.
Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia. 

3. Software website
             Software wbsite yang digunakan dapat dicari lewat mesin pencari. Anda dapat googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.
              Anda dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan.

              Setelah itu anda dapat mendaftar ke salah satu website seperti http://www.blogger.com/ atau http://wordpress.com/. setelah itu ikuti petunjuk yang ada untuk mendaftar. semoga bermanfaaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar